Translate

KUNJUNGAN

Minggu, 25 Oktober 2015

Menghitung Jumlah Denyut Jantung yang Sehat

Cara Menghitung Jumlah Denyut Jantung  yang Sehat
Secara umum, semakin jarang tingkat aktifitas jantung Anda, maka secara fisik Anda justru menjadi lemah. Dengan kata lain, jika Anda jarang memacu kerja jantung dengan memicu adrenalin, olahraga, dan melakukan aktifitas yang beragam, hal ini akan berefek buruk pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.
denyut jantung prides-online
Kondisi jantung yang tidak normal, biasanya akan mengalami denyut nadi istirahat. Yang dimaksud dengan denyut nadi istirahat adalah adanya frekuensi jeda denyut nadi untuk berdetak kembali dari satu detak ke detak yang lain.
Perlu diketahui denyut nadi normal tiap pagi hari saat Anda beristirahat berkisar antara 60-90 denyut per menit. Orang sehat cenderung memiliki denyut nadi istirahat yang pelan karena otot jantung dalam keadaan seaht. Sebaliknya, jika kondisi otot jantung Anda kurang sehat, denyut nadi Anda bisa menjadi lebih rendanh dari kisaran normal. Saat tahu hal itu terjadi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter akan segera mendapatkan pemeriksaan yang semestinya.
Salah satu cara untuk melihat seperti apa kondisi kesehatan jantung Anda, ialah dengan cara melakukan latihan olah tubuh, seperti fitness, gym, atau sekedar lari pagi. Setelah melakukan kegiatan tersebut setiap hari, Anda harus memeriksa denyut jantung saat istirahat. Lakukan ini selama beberapa bulan.
Memeriksa denyut jantung sangat penting untuk melihat apakah kondisi jantung Anda mengalami peningkatan, penurunan, atau tetap sama. Jika latihan Anda efektif, denyut jantung yang lebih rendah saat istirahat akan berkurang perlahan-lahan. Denyut jantung Anda akan berfungsi normal.
Tanda denyut jantung Anda normal ialah hitung denyut jantung selama 10 detik. Kalikan hasil hitungan denyut jantung selama 10 detik tersebut dengan 6, yang berarti 60 detik. Untuk mentukan berapa kali jantung Anda berdetak dalam satu menit. Jadi rumusnya adalah: jumlah denyut jantung Anda (dalam 10 detik) x 6. Misalnya 10×6=60, maka denyut jantung Anda adalah 60 denyut per menit.
denyut nadi penyakitjantung
Denyut nadi bisa Anda temukan di sekitar pergelangan tangan atau leher dekat dengan permukaan bawah rahang. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah Anda ke bagian dalam pergelangan tangan, atau bagian leher. Tekan di posisi tersebut hingga Anda bisa merasakan denyut jantung Anda. setelah menemukannya, persiapan stopwatch. Atur penghitungannya mulai dari nol. Klik start bersamaan dengan saat Anda mulai menghitung denyut nadi yang pertama. Semakin Anda sehat, interval waktunya semakin berkurang.
Setelah mendapatkan jumlah denyut nadi selama sepuluh detik. Kalikan jumlah tersebut dengan 6. Jumlah yang Anda dapatkan dari penghitungan merupakan kondisi denyut jantung Anda. Jika berada di bawah rata-rata normal, 60 denyut per menit, maka Anda harus waspada. Periksakan pula kondisi jantung Anda secara konsisten bila denyut jantung juga berada di atas normal, 100 denyut per menit. Lebih penting lagi jika kondisi Anda disertai dengan pingsan, pusing, dan sesak napas.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com