Translate

KUNJUNGAN

Minggu, 25 Oktober 2015

Cara Memasak Makanan Tanpa Merusak Gizinya
Bagaimanapun juga kesehatan merupakan hal yang tidak tergantikan dengan apapun, bahkan kekayaan sekalipun. Demi kesehatan pulalah kini banyak sudah pihak yang sadar bahwa asupan makanan sehari-hari merupakan hal penting bagi kesehatan. Karena itulah orang banyak yang mulai sadar untuk sarapan bahkan membawa bekal makanan saat ke kantor. Terkait hal ini, memasak makanan yang sehat tentu merupakan idaman setiap orang. Meski demikian, sudahkah Anda memasak dengan cara yang benar? Cek di sini ya!

Memasak yang benar merupakan metode memasak yang mengusahakan agar kandungan gizi pada makanan tetap terjaga. Cara termudah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengukusnya. Cara memasak dengan metode tidak memerlukan minyak sebagai perantaranya. Mengukus merupakan salah satu teknik memasak yang bisa diterapkan untuk memasak sayur, ubi hingga membuat pepes favorit keluarga. Mengukus merupakan salah satu metode terbaik untuk menjaga kandungan zat gizi pada makanan.
Pilihan lain yang tidak kalah mudahnya adalah merebus makanan. Selain tidak memerlukan minyak, merebus juga dapat menyingkirkan lapisan minyak yang dikeluarkan oleh bahan makanan. Memasukkan daging saat membuat sup misalnya. Karena berbeda berat jenis, maka minyak akan menggumpal di bagian atas sehingga mudah dibuang.  Selain mudah dan kaya rasa, kandungan gizi pada makanan pun tetap terjaga. Namun jika dibandingkan dengan cara direbus, sayuran yang dikukus memiliki kandungan gizi yang lebih terjaga.
Ada pula cara masak dengan melakukan pemanggangan. Salah satu keuntungan teknik ini adala hkeluarnya kelebihan minyak saat makanan sedang diolah. Menariknya, proses memasak yang satu ini juga tidak memerlukan minyak untuk memasak. Selain itu rasa dan dan roma makanan juga akan menjadi lebih wangi.
Selain itu memasak dengan panci tekan dapat pula dijadikan alteratif untuk mengolah makanan. Selain dapat memperpendek waktu masak, rasa dari makanan yang diolah dengan proses ini juga tidak hilang. Metode masak dengan cara ini cocok digunakan untuk mengolah daging, buah dan kacang-kacangan. Satu yang perlu diperhatikan saat membuat masakan dengan metode ini, perhatikan betul cara menggunakan panci tekan itu sendiri.
Cara kelima yang dapat dilakukan adalah menumis. Meski membutuhkan minyak, namun menumis hanya memerlukan sedikit minyak saja. Hal ini tentu jauh lebih hemat jika dibandingkan dnegan memasak dengan cara digoreng. Karena hanya dilakukan dalam waktu yang terbilang  sebentar saja, menumis dapat tidak merusak kandungan gizi yang ada pada makanan. Namun hal ini tentu bergantung pula sifat dasar bahan makanan yang akan diolah.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com